ANALISIS
STRATEGI KOMUNIKASI WARDAH KOSMETIK
Wardah kosmetik merupakan salah satu produk yang
dikeluarkan oleh PT. Paragon Technology and Innovation
pada tahun 1995. Sejak awal diproduksi produk Wardah sudah berhasil membangun spiritual value pada produknya yang kemudian akan fokus kepada funcsional value untuk meningkatkan
penjualan produk. Pada
awalnya Wardah hanya mengeluarkan produk berupa basic series, acne series dan decorative.
Namun seiring dengan banyaknya persaingan dan pangsa pasar, Wardah kemudian
mengeluarkan varian produk lainnya. Seperti, lightening series,
exclusive series dan Hajj & Umrah series ini adalah paket
produk perawatan kulit untuk mereka yang bereda di Tanah Suci.
Strategi
pemasaran yang dikukan oleh Wardah kosmetik yaitu dengan menggunakan semua
jenis media above the line seperti
iklan memalui media siar maupun cetak dan juga memaksimalkan pelayanan di
setiap counter seperti konsultasi make up. Wardah juga juga masuk dalam
setiap event-event fashion show dan make up untuk spomsor film, contohnya
dalam film Habibie-Ainun. Wardah juga
menggunakan brand ambassador untuk
memperkenalkan produknya di masyarakat. Tentunya dalam hal memilih brand ambassador Wardah memiliki
kriteria yang dikarenakan produk Wardah ini memiliki ciri yang khas, jadi Wardah
lebih melihat ke kisah inspiratif mereka dan keinginan mereka untuk
menginspirasi. Selain itu, Wardah juga membangun relasi yang baik dengan semua
orang, memberi supprt terhadap distributor dan retailer karena pada dasarnya
pasar yang lebih agresif adalah mereka karena mencakup seluruh Indonesia.
Analisis SWOT :
1.
Strenght (kekuatan)
·
Harga yang terjangkau terutama dikalangan pelajar dan
mahasiswa
·
Memiliki banyak varian produk
·
Pemasaran yang luas sehingga mudah ditemukan
·
Produk wardah rata-rata memiliki wangi yang lembut
·
Pemilihan brand
ambassador yang berhijab menjadi daya tarik produk ini
2. Weakness (kelemahan)
·
Kemasan
produk yang kurang menarik
·
Brand
masih kurang terkenal
·
Wardah
berorientasi pada segmen wanita, sehingga susah untuk
mengembangkan lini produk pada segmen pria
mengembangkan lini produk pada segmen pria
·
Masyarakat
mempresepsikan wardah sebagai lowerincome sehingga kualitasnya diragukan
3. Opportunity (peluang)
·
Label
halal yang ditekankan membuat wardah mempunyai nilai lebih dibanding komestik
lainnya.
·
Bekerja
sama dengan suatu film sehingga dapat menaikkan nama produk
4. Treath (ancaman)
·
Banyaknya
saingan keosmetik lainnya terutama produk luar negeri yang kuaitas dan harganya
lebih bagus (revlon, maybeline)
·
Pertumbuhan
penjualan produk yang lambat bisa membuat pendatang baru mendepak wardah
Penilaian :
Wardah memiliki kompetensi yang sudah diakui
masyarakat dalam menciptakan produk yang halal. Sehingga dengan tetap berfokus
pada kompetensinya, dan lebih memilih pada strategi memperluas segmen pasar,
risiko yang ditanggung tidak akan sebesar apabila Wardah mengambil strategi
pengembangan produk diluar kompetensinya. Saat ini Wardah berusaha membuat
pesan baru untuk peduli pada kosmetik halal itu tidak harus berjilbab atau
orang muslim saja. Semua orang semestinya peduli karena produk yang halal sudah
pasti aman digunakan. Dengan harapan pesan ini dapat memperluas segmen pasar
WardahPenulis : S
As reported by Stanford Medical, It is really the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh 19 kilos less than us.
BalasHapus(Just so you know, it has NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and really, EVERYTHING to about "how" they are eating.)
BTW, What I said is "HOW", and not "what"...
Click this link to determine if this easy quiz can help you find out your real weight loss possibility