Sabtu, 10 Desember 2016

PT. LOMBOK PUSAKA ADAM

Perusahaan ini berdiri pada  juni 2003 yang di dirikan oleh pemilik pertama Lalu Suparsi yang diberinama UD. Pusaka Adam dan bersifat  home industry. Berlokasi di Desa Jelantik, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Pada tanggal 7 juli 2007 perusahaan ini mendapatkan SNI (Standar Nasional Indonesia) dan izin edar untuk mengembang kan produknya dari Air Minum Isi Ulang menjadi Air Minum Dalam kemasan. Dalam pengembangan produk ini perusahaan mendapat bantuan teknologi dari Iptekda LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk mengolah air mineral menjadi air dengan TDS (Total Dissolved solid) NOL (0) yaitu tidak ada zat padat yang terlarut dalam air.
Dengan bantuan teknologi dari LIPI Perusahaan  mulai mengemas produknya menjadi beberapa macam seperti Galon 19 liter, Botol 1,5 liter, Botol 600 ml, Cup 220 ml dan menjadi perusahaan air minum extra oxygen pertama di Nusa Tenggara Barat.
Pada tahun 2014, perusahaan ini resmi mendapatkan ISO (International Standardization Organization) 9001 dan status UD diupgrade menjadi PT. (Persereoan Terbatas) yang kemudian mengubah nama perusahaan menjadi PT. Lombok Pusaka Adam
ANALISA SWOT
A.  Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weaknesses) Amanda Brownies.
·         STREANGTH
1.      Air minum Lombok berkualitas tinggi sama dengan oxy / super O²
2.      Air minum Lombok harganya 3 kali lebih murah dibandingkan dengan oxy/ super O²
3.      Lokasi pabrik yang strategis jauh dari kebisingan kota sehingga pekerja tidak terganggu.
4.      Perusahaan mendapat bantuan teknologi dari Iptekda LIPI untuk mengolah air mineral menjadi air dengan TDS
·         WEAKNESS
1.      Pemasaran belum optimal
2.      Kurangnya promosi kemasyarakat luas
3.      Penjualannya belum merata
4.      Kurangnya modal

B.  Peluang (Opportunity) dan Ancaman (Threat) Amanda Brownies
·         OPPORTUNITY
1.      perusahaan air minum extra oxygen pertama di Nusa Tenggara Barat
2.      mempunyai peluang untuk merambah keagen agen kecil
3.      jenjang menuju strata distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar
·         TREATH
1.      Mulai banyak produk yang lebih gencar mempromosikan produknya
2.      Kenaikan bahan baku untuk kemasan
3.      Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing
4.      Melemahnya daya beli konsumen
5.      Biaya pengiklanan yang tidak murah

Menurut saya air minum Lombok adalah produk air minum kemasan yang cukup bagus, tetapi belum sepenuhnya dikatakan berhasil. Dilihat dari kualitasnya yang tinggi dan sudah terjamin kandungan di dalamnya, air kemasan ini lebih unggul dari air minum kemasan lainnya yang berasal dari lombok, dan sudah seharusnya konsumennya harus lebih banyak, dan juga harganya terbilang sangat murah dengan kualitas yang setara dengan oxy/super O². Namun pada kenyataannya air minum Lombok belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas, karena pihak dari perusahaan ini kurang ahli dalam mempromosikannya, dan juga system penjualannya yang kurang merata. inilah yang menyebabkan air minum Lombok kurang dikenal oleh masyarakat dan kurangnya minat masyarakat terhadap produk ini.


Dalam hal ini menurut saya pihak dari perusahaan harus lebih gencar dalam mempromosikan produk agar tidak tertinggal dengan produk lain, perusahaan juga harus lebih pintar menarik minat masyarakat luas, selain harganya sangat murah, strategi untuk promosi harus di tingkatkan dan membuat sesuatu yang menarik agar dapat mencuri perhatian masyarakat sehingga dapat meminati produk ini. Selain promosi distribusinya juga harus disebarluaskan, agar merata disetiap daerah entah itu di toko toko besar hingga ke agen- agen kecil. 

Penulis : HA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar