Sabtu, 10 Desember 2016

Contoh Kasus  dan Analisis SWOT

            PT. Forisa Nusapareda adalah  perusahaan yang memfokuskan pada produksi dan markerting usaha makanan, yang khususnya produk berupa dalam bentuk serbuk berkualitas dan diminati oleh banyak masyarakat. Produk  yang dijual berupa Puding, Pop Ice, Nutrijel, dan Agarasa.
·         Analisis SWOT
1.      Strenght (kekuatan) :
§  Memiliki branded dan mutu yang terjamin
§  Memiliki produk yang mempunyai citra baik
§  Memiliki kebersihan produk
§  Memiliki harga produk yang sangat terjangkau
§  Memiliki produk – produk unggulan
2.      Weaknes (kelemahan) :
§  Kompetitor disegmen pasar banyak yang sama
§  Kurang memaksimalkan promosi
§  Kurang menanggapi respon konsumen
§  SDM pemasaran harus ditingkatkan
§  Ditenukan cacat pada beberapa produk
3.      Opportunities (peluang) :
§  Konsumen lama yang loyal
§  Gaya hidup masyarakat yang serba instan
§  Segmen pasar jelas
§  Banyaknya pasar modern dan mall baru
§  Hubungan antara perusahaan dan distributor yang baik
4.      Threath (ancaman) :
§  Terkadang ditemukan cacat pada produk
§  Pelanggan yang kecewa mudah beralih
§  Semakin banyak kompetitor baru
§  Gencarnya promosi kompetitor
§  Kurang tenaga pemasaran serta promosi yang dilakukan
·         Analisis strategi pemasaran
Strategi yang digunakan adalah 4P/marketing mix, antara lain:
1.      Produk : produk – produk PT. Forisa Nusapersada dengan Pop Ice sebagai produk andalan yang sudah dikenal oleh masyarakat
2.      Harga : produk PT. Forisa Nusapersada harganya cenderung dengan produk kompetitor
3.      Promosi : PT. Forisa Nusapersada menggunkan media telivisi nasional dan media cetak didaerah cabang dari PT. Forisa Nusapersada
4.      Lokasi : lokasi PT. Forisa Nusapersada cukup strategis
·         Rekomendasi strategi pemasaran
Meningkatkan promosi melalui media online dan radio, serta menambah lagi di media cetak berupa baliho, spanduk dan lain – lainnya. Menggencarkan kembali promosi dengan menggunkan bintang film/artis yang lagi booming saat ini. Kemudian menjadi atau membuka sponsorship dari event – event yang ada di daerah.

Penulis : NFIAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar